Mengenal Ulama : ABDUL SOMAD, SEBUAH PANGGILAN SEJARAH

7:36 AM
Artikel di copas dari halaman facebook Kitab Kuning Aswaja



Oleh Dr. Abdul Mukti Rauf MA*
Untuk dapat mengerti Islam, seseorang harus mengerti bahasa Arab dan Ust Abdul Somad, Lc., MA mengerti ini. Dakwah dalam Islam setidaknya berisi tentang Aqidah, Syariah, dan Akhlak. Abdul Somad adalah representasi dari sosok dai yang paham tentang seluk beluk aqidah, luas pengetahuan fiqihnya, dan paham dalam membumikan ajaran Islam dalam kebutuhan ruang dan waktunya.
Dan ini yang paling menarik, dakwahnya mengisi ruang maya yg diminati generasi Melenia di tengah tengah "keringnya" belajar Islam dlm dunia analog/maya.
Seperti membaca Kitab Ihya Ulumuddin karangan Hujjatul Islam Imam al-Ghazali yang berhasil mempertemukan Fiqh dan Taswawuf, Abdul Somad menghidupkan kembali dalam ulasan cermah ceramahnya semangat Ihya dengan bahasa yang sederhana, gampang, dan mudah dicerna. Taswauf direngkuh untuk menghaluskan jiwa dan memperindah akhlak dengan "tehnik fiqh" yg jelas dalil dan sanadnya. Karena ia juga berwawasan al-Qur'an dan Ulumul Qur'an Hadis dan ulumul hadis, Fiqh dan Ushul Fiqh, maka soal BID'AH pun mudah diatasinya.

Akhirnya, kehadiran sosok Abdul Somad adalah panggilan sejarah untuk menguatkan, menginspirasi, menyatukan demi tegakknya nilai-nilai Islam dalam kemajemukan Nusantara"
Tetaplah ber-Islam
Tetaplah meng-Indonesia
Tetaplah ber-aswaja untuk Islam yang rahmatan lil alamin.
--------------
Semoga beliau @ustadzabdulsomad di beri kesehatan agar selalu bisa berdakwah hingga ke pelosok negeri AMIIN 🙏


No comments:

Powered by Blogger.