''Karamah Abuya Dimyati Banten"

10:54 AM
Artikel ini di ambil dari halaman facebook Galeri Foto Dan Maqam Ulama ASWAJA yang di post oleh Moh Ainur Huda. Saya post di web ini, semata-mata sebagai arsip tulisan yang berkaitan dengan ulama
.

Ada seorang kyai dari Jawa yang pergi ke Maqam Syeikh Abdul Qadir al-Jailani di Irak. 

Ketika itu, kyai tersebut merasa sangat bangga kerana banyak kyai di Indonesia paling jauh mereka ziarah adalah maqam Nabi Muhammad SAW. Akan tetapi dia dapat menziarahi sampai ke Maqam Syeikh Abdul Qadir al-Jailani. 

Ketika sampai di maqam tersebut, maka penjaga maqam bertanya padanya,

"Dari mana kamu (Bahasa Arab)?"

Si Kyai menjawab, "Dari Indonesia."

Maka penjaganya langsung bilang,
"Oh di sini setiap malam Juma'at ada seorang ulama Indonesia yang kalau datang ziarah dan duduk saja depan maqam, maka segenap penziarah akan diam dan menghormati beliau, sehinggalah beliau mula membaca al-Qur'an, maka penziarah lain akan meneruskan bacaan mereka sendiri-sendiri".

Mendengar hal itu Kyai tadi kaget, dan berniat untuk menunggu sampai malam jumaat agar tahu siapa sebenarnya ulama tersebut.
Ternyata pada hari yang ditunggu-tunggu, ulama tersebut adalah Abuya Dimyati.

Ketika pulang ke Jawa, dia menceritakan bagaimana beliau bertemu Abuya Dimyati di maqam Syeikh Abdul Qadir al-Jailani. Padahal ketika itu Abuya masih di pondok dan mengaji dengan santri-santrinya.

Konon, sedari masih mondok di pesantren sampai pulang dan mendirikan pesantren sendiri, beliau terlihat tidak pernah tidur. Waktunya beliau habiskan untung ngajar, belajar (mutola'ah), ibadah dan melayani masyarakat.
Wallohua'lamu....

No comments:

Powered by Blogger.